Di
dunia maketing, ada banyak istilah-istilah yang bagi sebagian orang
sulit memahaminya. Melalui postingan ini, saya akan menjelaskan istilah marketing lewat sebuah analogi. Tujuannya adalah agar lebih mudah dipahami dan dimengerti oleh banyak orang, Yuk kita lihat..
- Ada gadis cantik di sebuah pesta. Kamu mendatanginya dan langsung bilang, “Saya orang kaya. Nikah sama saya, yuk!” Itu namanya Direct Marketing.
- Ada
gadis cantik di sebuah pesta. Salah satu temanmu menghampirinya. Sambil
menunjuk ke arah kamu, temanmu itu berkata, “Dia orang kaya, nikah sama
dia, ya!” Itu namanya Advertising.
- Ada
gadis cantik di sebuah pesta. Kamu menghampirinya, lalu minta nomor HP.
Esok harinya kamu telepon dia dan langsung bilang, “Saya orang kaya.
Nikah sama saya, yuk!” Itu namanya Telemarketing
- Kamu
melihat gadis cantik di sebuah pesta. Kamu merapikan diri, lalu
menuangkan minuman buat dia, dan membukakan pintu buat dia. Sambil
mengantarnya pulang, kamu bilang, “By the way, saya orang kaya nih.
Nikah sama saya, yuk!” Itu namanya Public Relations.
- Kamu
melihat gadis cantik di sebuah pesta. Dia menghampiri kamu dan berkata,
“Kamu orang kaya, kan? Nikah sama saya, yuk!' Itu namanya Brand Recognition.
- Ada
gadis cantik di sebuah pesta. Kamu mendatanginya dan langsung bilang,
“Saya orang kaya. Nikah sama saya, yuk!”, tapi dia malah menampar kamu.
Itu namanya Customer Feedback.
- Ada
gadis cantik di sebuah pesta. Kamu mendatanginya dan langsung bilang,
“Saya orang kaya. Nikah sama saya, yuk!”, terus dia memperkenalkan kamu
ke suaminya. Itu namanya Demand and Supply Gap.
- Kamu
melihat gadis cantik di sebuah pesta. Kamu menghampirinya, tapi belum
juga kamu sempat bilang apa-apa, ada pria lain datang dan langsung
berkata, “Saya orang kaya nih. Nikah sama saya, yuk!' Lalu sang gadis
pergi dengan pria tersebut. Itu namanya Losing Market Share.
- Kamu
melihat gadis cantik di sebuah pesta. Kamu menghampirinya, tapi belum
juga kamu sempat bilang, “Saya orang kaya nih. Nikah sama saya,
yuk!'.... tiba-tiba istri kamu nongol! Itu namanya Barrier to New Market Entry.
- Kamu
masuk ke pesta, tiba-tiba sekumpulan gadis saling bisik-bisik "eh lo
tau gak jeng, dia org kaya tuh pasti cocok jadi suami" yg lain pada
iya-in..
Itu namanya Positive BUZZ Marketing - Kamu
masuk ke pesta, tiba-tiba sekumpulan gadis saling bisik-bisik"eh lo
tau gak jeng, dia org kaya tuh cuma impoten" yg lain pada berubah jadi
jijik sambil minggir2..
Itu namanya Negative BUZZ Marketing - Kamu masuk ke Pesta, liat cewe cantik, tanpa ba-bi-bu langsung bawain sebotol XO Hennessy dan sebuah gelas kristal
Itu namanya Experential marketing
Semoga bermanfaat..=)
http://1001peluang-bisnis.blogspot.com/2010/04/belajar-istilah-marketing-dengan-mudah.html